Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Aplikasi Baru untuk Kreator Tingkatkan Performa dan Kelola Konten

TikTok Studio_1a
TikTok Studio. (Sumber: Swipe Insight)

Last updated on 21 Juni, 2024

Unbox.idAplikasi berbagi video pendek TikTok baru saja memperkenalkan aplikasi baru bernama TikTok Studio. Aplikasi ini dibuat untuk membantu pembuat konten mengelola akunnya dengan lebih mudah.

Dikutip dari Phone Arena, TikTok Studio memperkenalkan dirinya di sini sebagai aplikasi pengelolaan akun kreator. Oleh karena itu, aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama yang memenuhi berbagai kebutuhan, seperti mengedit, mengunggah, mengelola, dan menganalisis kinerja akun dan konten.

baca artikel menarik lainnya tentang : aplikasi ai video gratis

TikTok Studio

TikTok Studio. (Sumber: Altermative Gadget)

Aplikasi TikTok Studio dapat diunduh secara gratis, dan pengguna hanya perlu login dengan akun TikTok yang sudah ada. Setelah masuk, pengguna dapat mengakses semua fitur khusus pembuat aplikasi.

Dengan aplikasi ini, pembuat TikTok dapat menggunakan berbagai fitur yang biasa terdapat pada aplikasi pengeditan. Beberapa diantaranya adalah auto text editing, photo editing, dan auto cropping untuk menyempurnakan konten sebelum diunggah. Harap dicatat bahwa TikTok Studio hanya untuk pembuat konten berusia 18 tahun ke atas.

Dengan hadirnya TikTok Studio, ByteDance selaku induk perusahaan mengumumkan bahwa aplikasi ini akan menggantikan fungsi Creator di aplikasi utama maupun di halaman Creator Center. Meski demikian, kreator TikTok tetap bisa mengakses fitur khusus kreator melalui halaman TikTok Creator di browser desktop.

Baca juga: Aplikasi AI Video

TikTok Uji Coba Fitur Unggah Video 1 Jam

Di sisi lain, untuk memanjakan penggunanya, TikTok akan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunggah video berdurasi hingga satu jam. Fitur ini diharapkan bisa bersaing dengan platform serupa seperti YouTube.

baca artikel menarik lainnya tentang : aplikasi pembuat video ai

Menurut laporan dari CBS News dan Tech Crunch, seperti dikutip oleh CNET, TikTok sedang melakukan pengujian untuk memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengunggah video berdurasi satu jam.

Fitur ini merupakan kemajuan besar platform, karena saat ini pengguna hanya dapat unggah video berdurasi hingga 10 menit. Namun pihak perusahaan belum mengumumkan secara pasti kapan seluruh pengguna TikTok bisa menggunakan fitur ini.

Upaya TikTok untuk memperkenalkan lebih banyak variasi video di platformnya dikatakan semakin memperkuat posisinya. salah satu platform berbagi konten video terpopuler di dunia, apalagi bersaing dengan platform lain seperti YouTube.

Sebagai informasi, aplikasi TikTok mulai dikenal di seluruh dunia berkat fungsi Pages for You yang menyediakan konten acak berdasarkan selera pengguna. Bahkan, fitur ini kemungkinan besar akan menggugah minat anak muda di seluruh dunia.

Faktanya, fitur For You Page telah mendorong raksasa media sosial lainnya, seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan Snapchat, untuk meluncurkan fitur yang sama di platform mereka.

Baca juga: TikTok Notes Meluncur Di Platformnya

TikTok Akan Beri Label Khusus untuk Konten Buatan AI

TikTok Application_3c

TikTok Application. (Sumber: The Verge)

Sementara itu, untuk meningkatkan keamanan pengguna, TikTok akan mulai memberikan label khusus untuk video yang dihasilkan AI. Tindakan ini dimaksudkan untuk mencegah pengguna disesatkan oleh video yang sekilas menyerupai karakter atau lokasi dunia nyata.

Aturan TikTok ini akan mengharuskan pembuat konten untuk mengingatkan pengguna bahwa konten yang mereka tonton adalah video yang dibuat dengan kecerdasan buatan. (AI).

Namun, kebijakan ini mungkin sulit diterapkan karena kreator sering kali menggunakan perangkat lunak AI pihak ketiga.

Oleh karena itu, mengingat kemungkinan sebagian kreator tidak menegakkan aturan tersebut, TikTok akhirnya bermitra dengan AI. Kredensial Konten perusahaan untuk memberi label pada konten yang dibuat dengan AI.

Kredensial konten adalah informasi digital yang terkait dengan iklan konten, seperti gambar atau video, yang menyajikan detail tentang asal konten, pembuat, dan modifikasi yang dibuat pada konten.

Dikutip dari Engadget, Content Credentials menawarkan solusi AI untuk melacak asal gambar yang digunakan dalam pengeditan konten, baik berupa foto maupun video dan diunggah ke aplikasi TikTok.

Asal usul konten dapat dilihat oleh pengguna jika mereka menemukan konten AI pada platform yang mendukung kredensial teknologi konten.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Departemen Kehakiman AS (DOJ) berencana memfokuskan gugatan TikTok pada dugaan pelanggaran privasi anak. Langkah ini bertentangan dengan tuduhan DOJ sebelumnya bahwa platform...

Tech Industry

Unbox.id – TikTok secara tidak sengaja mengunggah tautan ke versi internal alat avatar digital AI barunya selama jangka waktu yang tidak diketahui. Hal ini...

Tech Industry

Unbox.id – Presiden AS Joe Biden dilaporkan telah menyetujui peraturan baru yang dapat mengancam kehadiran TikTok di negaranya. Sebab, dengan aturan baru ini, AS...

Apps & Games

Unbox.id – TikTok telah merilis Notes, aplikasi berbagi foto sosial yang dibuat untuk bersaing dengan Instagram Meta. Dikutip dari Android Authority, TikTok Notes memiliki...