Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Cara Tingkatkan Kemampuan Navigasi Google Maps

Google Maps Navigation_3c
Google Maps Navigation. (Sumber: Techno Idea)

Unbox.id – Google Maps adalah salah satu aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan. Aplikasi peta ini sangat populer karena menawarkan berbagai fitur yang membantu kita mencapai tempat yang kita inginkan dengan lebih mudah. Meski demikian, Google Maps masih memiliki keterbatasan, terutama pada kemampuannya menampilkan lokasi persis penggunanya. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, seperti koneksi internet yang buruk atau pengaturan lokasi di ponsel tidak diatur dengan benar. Nah buat kamu yang ingin membuat Google Maps lebih akurat, berikut Unbox.idakan berikan tips sederhana untuk meningkatkan akurasi, agar kamu dan teman tidak tersesat di jalan saat menggunakan aplikasi peta ini. Namun sebelum itu, mari kita lihat dulu cara kerja Google Maps agar kita bisa lebih memahami bagaimana aplikasi ini bisa memberikan informasi lokasi yang akurat. Dikutip Gizchina, aplikasi besutan Google ini menentukan lokasi pengguna menggunakan kombinasi teknologi berikut.

Adanya Kombinasi Teknologi

Google Maps Navigation_2b

Google Maps Navigation. (Sumber: Popular Science)

Sebagai berikut:

  • GPS Terintegrasi: Chip ini tertanam di semua ponsel Android. Chip GPS akan secara langsung mengirimkan data lokasi berdasarkan sinyal satelit, sehingga menawarkan tingkat akurasi tertinggi di lingkungan yang jernih dan terbuka.
  • Jaringan Seluler: Dalam situasi ketika penerimaan GPS lemah, seperti di dalam ruangan atau di daerah padat penduduk, Maps memanfaatkan jaringan seluler untuk memperkirakan posisi berdasarkan menara seluler terdekat yang terhubung dengan ponsel pengguna.
  • Wi-Fi: Jika tersedia, jaringan Wi-Fi juga dapat berkontribusi pada estimasi lokasi dengan membagikan perkiraan informasi lokasinya ke perangkat pengguna. Cara ini dapat meningkatkan keakuratan penentuan posisi berbasis jaringan seluler.

Cara Tingkatkan Navigasi di Google Maps

Setelah kamu mempelajari cara kerja Google Maps, berikut adalah tips meningkatkan akurasi di Google Maps.

Untuk kinerja optimal, penting untuk mengaktifkan mode High Accuracy di pengaturan lokasi HP kamu. Mode ini menggunakan GPS, Wi-Fi, dan jaringan seluler secara bersamaan untuk menyediakan data lokasi paling akurat.

Meskipun mungkin menghabiskan sedikit lebih banyak baterai, mode ini terlalu berpengaruh pada daya tahan baterai HP kamu. Bagi kamu yang ingin mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pergi ke menu Location.
  • Ketuk Mode atau Location Mode.
  • Pilih High Accuracy.

Kalibrasikan Kompas

Kompas yang tidak dikalibrasi dapat menyebabkan data arah tidak akurat, sehingga mengganggu pengalaman navigasi kamu.

Oleh sebab itu, melakukan kalibrasi kompas HP kamu akan membuat akurasi arah yang lebih baik. Untuk melakukan ini, ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Ketuk titik biru yang menunjukkan lokasi kamu.
  • Pilih Calibrate Compass dan ikuti petunjuk di layar. Biasanya, aplikasi akan menyuruh kamu menggerakkan ponsel sesuai gerakan angka delapan.

Baca juga: Pengguna Microsoft Dan Google Chrome Diserang Malware Canggih

Google Tambahkan Fitur AI Gemini di Gmail

Gemini Gmail_1a

Gemini Gmail. (Sumber: RM Update)

Di sisi lain, Gmail mendapat manfaat lebih banyak fitur AI yang dapat membantu pengguna mengakses email mereka dengan lebih mudah. Di web, Google meluncurkan sidebar Gemini baru yang dapat melakukan hal-hal seperti merangkum topik dan menulis email baru.

Menurut postingan di blognya, Google mengatakan alat tersebut akan menawarkan “perintah proaktif”, namun pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan “bentuk bebas”.

Dikutip dari The Verge, Sidebar AI dikembangkan untuk memanfaatkan model Google yang paling canggih, seperti Gemini 1.5 Pro.

Di aplikasi seluler Gmail, Google akan menyediakan fitur Gemini untuk merangkum rangkaian email. Peningkatan AI yang dibawanya bisa sangat berguna, sayangnya saat ini hanya tersedia untuk pengguna Gemini berbayar.

Jika ingin mencoba fitur ini, Anda harus menjadi pengguna Google Workspace yang menggunakan add-on Gemini Business atau Enterprise, Gemini Education atau Education Premium, atau Google One AI Premium.

Namun, The Verge mengingatkan pengguna layanan berbasis AI untuk tidak bergantung sepenuhnya pada alat ini saat bekerja. Pastikan untuk selalu meninjau email yang Gemini bantu Anda buat sebelum mengirimnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Google

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan bahwa acara peluncuran Pixel 9 akan berlangsung jauh lebih awal dari biasanya pada tahun ini. Raksasa teknologi ini...

Software

Unbox.id – Gmail mendapatkan lebih banyak fitur AI yang dapat membantu pengguna mengakses email mereka dengan lebih mudah. Di web, Google meluncurkan sidebar Gemini...

Software

Last updated on 21 Juni, 2024 Unbox.id – Google baru saja mengumumkan akan meluncurkan fitur anti maling untuk ponsel Android. Fitur tersebut diketahui menggunakan...

Tech Industry

Unbox.id – Google berencana menghadirkan fitur anti-pencurian baru untuk sekelompok kecil pengguna. Pada acara Google I/O beberapa minggu lalu, perusahaan memperkenalkan fitur anti-pencurian baru,...