Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Akan Ubah Kamera Android Jadi Webcam?

Android kamera_1
Ada kabar bahwa Google akan membuat kamera Android jadi sebuah webcam untuk kegunaannya. (Sumber: Tom's Guide)

Unbox.id – Smartphone saat ini dipercantik dengan kamera yang hasilnya mendekati kamera profesional. Tetapi sekarang pengguna tidak dapat menggunakannya langsung untuk melakukan streaming ke Twitch atau mempresentasikan gambar dalam rapat sebagai webcam. Namun menurut analis Android Mishaal Rahman, pengguna akan segera bisa melakukan hal itu. Menurut Rahman, Google dapat mengizinkan ponsel Android untuk digunakan sebagai webcam. Apakah hal tersebut dapat terjadi? Mari kita intip informasinya lebih lanjut selengkapnya di bawah ini.

Smartphone Android Sebagai Webcam

Google Android Camera_1

Smartphone kamera Android dikabarkan akan dijadikan sebagai media Webcam oleh Google. (Sumber: 9to5 Google)

Selain itu, pengguna kini dapat menggunakan smartphone Android sebagai webcam, tetapi diperlukan perangkat lunak tambahan. Misalnya program Droidcam, yang memungkinkan Anda menggunakan ponsel sebagai webcam nirkabel. Namun, pengguna perlu mengunduh aplikasi Android.

Kemungkinan bahwa Google akan mengizinkan smartphone kamera Android untuk dikonversi ke webcam nirkabel masih merupakan kebocoran, jadi itu mungkin benar atau tidak.

Mishaal Rahman melakukan analisis sistem operasi. Dari sini dia menyimpulkan bahwa Google kemungkinan akan menggunakan telepon sebagai webcam tanpa perangkat keras atau perangkat lunak tambahan.

Beberapa kode baru yang dikirimkan ke proyek sumber terbuka Android mengisyaratkan kemungkinan fitur ini. AOSP adalah proyek pengembangan Android. Menjadikan open source berarti komunitas dapat menyumbangkan kode mereka sendiri, tetapi masih dikontrol ketat oleh Google.

Rahman mengunggah tangkapan layar yang berbunyi, “DeviceAsWebcam adalah layanan baru yang mengubah perangkat Android Anda menjadi webcam.”

Baca juga: Pencipta Gmail Klaim ChatGPT Dapat Melawan Google

Dilengkapi Perangkat Dengan UVC

Perlu diperhatikan bahwa fitur ini menargetkan perangkat yang mendukung kelas video UVC atau USB. Ini adalah standar yang memungkinkan perangkat mentransfer video melalui USB.

Karena ini baru, belum diketahui bagaimana fitur ini akan bekerja atau seperti apa tampilannya. Namun, idealnya, saat pengguna menyambungkan ponsel cerdas dan memilih opsi yang sesuai dari antarmuka USB ponsel cerdas, komputer pengguna melihat perangkat Android sebagai webcam.

Tentunya dalam hal ini, smartphone di dalam kamera Android akan memiliki fungsinya yang lebih penting dalam aktivitas kegiatan keseharian dari para penggunanya.

Basmi Berbagai Malware

Tidak hanya Google menawarkan kepada penggunanya kemampuan untuk mengubah Android menjadi webcam, tetapi mereka juga semakin serius dalam menangani infeksi malware pada perangkat Android dan smartphone akhir-akhir ini. Cara terakhir untuk melakukannya adalah dengan membatasi penginstalan aplikasi agar tidak menjadi alat untuk mendistribusikan malware.

Berkantor pusat di Mountain View, California, AS, perusahaan memastikan semua aplikasi yang tersedia di Google Play Store bebas malware. Sayangnya, ketersediaan aplikasi yang dapat diunduh dari luar toko aplikasi Google Play Store membuka celah bagi malware untuk menyebar.

Sebagai tanggapan, Google berencana memblokir pemasangan aplikasi lama yang belum diperbarui, serta melakukan sideload atau mengunduh aplikasi dari luar toko aplikasi Google Play.

Baca juga: Smartphone Google Pixel 4 Masih Terima Update Android 13

Blokir Pemasangan Aplikasi Lawas di Android

Mengutip Gizmochina, Google juga mengimbau pengguna Android untuk rutin mengupdate aplikasi yang terpasang di smartphone mereka. Sejak rilis versi terbaru yaitu Android 13, sistem operasi ini hanya berjalan di 5,2% perangkat Android.

Google dapat meningkatkan batas API di Android 6.0 untuk lebih melindungi pengguna dari penyebaran malware. Ini karena serangan malware biasanya menargetkan Android versi lama dengan tambalan keamanan yang kedaluwarsa.

Begitu Google mulai memblokir fitur Page Load, jumlah serangan malware diperkirakan akan turun drastis. Perlu dicatat bahwa tindakan Google dengan pembaruan ini tidak memengaruhi smartphone dengan versi sistem operasi yang lebih baru, karena sistem operasi baru biasanya menerima pembaruan untuk berbagai aplikasinya dengan relatif cepat.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis pembaruan Android 15 beta 3. Pembaruan tersebut menghadirkan sejumlah fitur baru ke ponsel Android. Seperti dilansir Gadgets360, salah...

Software

Unbox.id – Google baru saja meluncurkan fitur baru yang akan meningkatkan keamanan Android 15. Fitur ini akan memungkinkan sistem untuk menghapus data biometrik wajah...

Tech Industry

Unbox.id – Pakar keamanan siber McAfee telah mengidentifikasi 13 aplikasi Android berbahaya baru di Google Play Store yang menimbulkan ancaman serius terhadap privasi dan...

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu syarat agar sebuah smartphone dapat beroperasi dengan stabil adalah memiliki daya tahan yang cukup untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Namun...