Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Siapkan Fitur Anti-Pencurian HP Android

Google Company_2b
Google Company. (Sumber: The Hans)

Last updated on 21 Juni, 2024

Unbox.idGoogle baru saja mengumumkan akan meluncurkan fitur anti maling untuk ponsel Android. Fitur tersebut diketahui menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi pencurian dan mengunci lapisan perangkat secara otomatis.

Mengutip informasi dari Reuters, Google akan menguji fitur ini di Brasil. Negara ini dipilih karena Brazil disebut-sebut mengalami peningkatan pencurian ponsel. Fitur ini dimaksudkan untuk melindungi data pengguna ponsel Android yang kehilangan perangkatnya. Dengan begitu, pencuri atau orang tidak bertanggung jawab yang mengambil perangkat tersebut tidak bisa mengakses informasi pribadi atau data lainnya.

Dalam masa uji coba ini, Google menggunakan tiga jenis metode untuk mencegah pencurian data korban pencurian ponsel Android.

Salah satunya Google menggunakan AI untuk mendeteksi pola pergerakan yang sering terjadi selama penerbangan, lalu perangkat akan langsung mengunci layar.

Metode lain yang sedang diuji adalah pengguna perangkat Android dapat mengunci layar perangkat dari jarak jauh dengan memasukkan nomor telepon, serta memperbaiki masalah keamanan menggunakan perangkat lain.

Terakhir, cara yang digunakan adalah dengan mengunci layar perangkat jika tidak terhubung ke Internet dalam waktu lama.

Fitur anti maling ini diharapkan tersedia bagi pengguna ponsel Android 10 ke atas mulai bulan Juli. Setelah Brasil, Google berencana menghadirkan fitur tersebut secara bertahap untuk pengguna di negara lainnya sepanjang tahun 2024.

Selain Google, fitur serupa juga akan hadir. juga hadir di perangkat Apple. Bagi pengguna iPhone, fitur ini disebut dengan Stolen Device Protection.

Baca juga: Cara Mematikan VPN di Chrome

Android 15_1a

Android 15. (Sumber: GizChina)

Pada acara Google I/O beberapa hari lalu, Google mendemonstrasikan beberapa fitur kecerdasan buatan (AI) baru yang menarik. Fitur-fitur baru yang diperkenalkan adalah model AI terbaru Gemini 1.5, Project Astra dan masih banyak lagi.

Tidak hanya membahas fitur AI, Google juga memperkenalkan sistem operasi Android 15 yang diperkirakan akan diluncurkan pada akhir tahun 2024. Pada acara tersebut, Google kemudian juga mengungkap sejumlah fitur baru untuk sistem operasinya.

Mengutip laporan dari ZDNET, Google terus mengembangkan Material You dan platform Android, yang semuanya membantu sistem beradaptasi lebih baik dengan perangkat HP dengan layar yang dapat dilipat.

Android 15 juga memiliki pendekatan yang sangat berfokus pada privasi, yang kemungkinan akan lebih kompetitif dengan semua fitur fitur Keamanan di iOS Apple. Berikut beberapa fitur baru yang akan tersedia di Android terbaru.

Sebagai permulaan, Google akan menghadirkan fitur Private Space di sistem Android 15. Sebagai informasi, fitur ini telah ada di beberapa ponsel Android. Kini, Private Space akan hadir di perangkat Android 15 secara langsung, tidak melalui UI pihak ketiga.

Fitur baru Android 15 ini memungkinkan pengguna mengunci aplikasi apa pun yang tidak ingin dilihat orang lain, seperti aplikasi perbankan ataupun aplikasi yang mengandung informasi sensitif lainnya.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google Maps adalah salah satu aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan. Aplikasi peta ini sangat populer karena menawarkan berbagai fitur yang membantu...

Software

Unbox.id – Gmail mendapatkan lebih banyak fitur AI yang dapat membantu pengguna mengakses email mereka dengan lebih mudah. Di web, Google meluncurkan sidebar Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Google berencana menghadirkan fitur anti-pencurian baru untuk sekelompok kecil pengguna. Pada acara Google I/O beberapa minggu lalu, perusahaan memperkenalkan fitur anti-pencurian baru,...

Tech Industry

Last updated on 14 Juni, 2024 Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang...