Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Tambahkan Fitur AI Gemini di Gmail

Gemini Gmail_1a
Gemini Gmail. (Sumber: RM Update)

Unbox.id – Gmail mendapatkan lebih banyak fitur AI yang dapat membantu pengguna mengakses email mereka dengan lebih mudah. Di web, Google meluncurkan sidebar Gemini baru yang dapat melakukan hal-hal seperti merangkum topik dan menulis email baru. Menurut postingan di blognya, Google mengatakan alat tersebut akan memberikan “perintah proaktif” namun pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan “bentuk bebas”. Mengutip The Verge, Sidebar AI dikembangkan untuk memanfaatkan model andalan Google, seperti Gemini 1.5 Pro. Di aplikasi seluler Gmail, Google akan menawarkan fitur Gemini untuk merangkum rangkaian email. Peningkatan AI yang dibawanya bisa sangat berguna, sayangnya saat ini hanya tersedia untuk pengguna Gemini berbayar. Jika ingin mencoba fitur ini, Anda harus menjadi pengguna Google Workspace yang menggunakan add-on Gemini Business atau Enterprise, Gemini Education atau Education Premium, atau Google One AI Premium. Namun The Verge mengingatkan pengguna layanan berbasis AI untuk tidak bergantung sepenuhnya pada alat ini saat bekerja. Pastikan untuk selalu meninjau email yang Gemini bantu Anda buat sebelum mengirimnya. Selain email, Google juga meluncurkan fitur sidebar Gemini di Google Docs, Sheets, Slides, dan Drive. Google berjanji bahwa fitur-fitur ini akan segera hadir untuk semua penggunanya. Selain itu, beberapa fitur AI akan diumumkan untuk Gmail, termasuk Balasan Cerdas Kontekstual.

Laporan Sebelumnya, Bakal Tambah Gemini di Gmail

Gemini Gmail_2b

Gemini Gmail. (Sumber: Tech World)

Aplikasi Gmail di Android akan memiliki fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Google berencana mengintegrasikan Gemini AI dengan menyediakan tombol khusus Gmail di Android.

Menambahkan tombol khusus Gemini akan membantu pengguna menambahkan fitur baru, seperti merangkum email dan menjawab pertanyaan Ajukan langsung melalui aplikasi Gmail. Laporan dari Android Authority, yang dikutip oleh Gadgets360, menunjukkan bahwa fitur ini ditemukan di aplikasi Gmail untuk Android versi 2024.05.26.638440827.

Pembaruan ini memperkenalkan tombol Gemini AI khusus yang dapat digunakan untuk membantu pengguna dengan AI tertentu. Saat ini fitur tersebut hanya tersedia untuk Gmail Android. Belum ada laporan mengenai ketersediaan Gemini untuk aplikasi Gmail di iPhone.

Kemampuannya Apa Saja?

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa Gemini AI di Gmail akan memiliki 3 fitur utama: Ringkasan email ini, Daftar langkah selanjutnya, dan Balasan yang disarankan.

Ringkasan email ini memungkinkan pengguna dengan cepat meringkas email dengan bantuan AI. Selanjutnya, List Next Steps merupakan fitur yang dapat digunakan untuk memberikan saran langkah-langkah yang dapat dilakukan pengguna. Terakhir, Anda dapat menggunakan fitur Balasan yang Disarankan untuk menemukan saran balasan email yang sesuai.

Fitur ini masih dalam tahap pengujian dan hanya tersedia untuk sejumlah kecil pengguna. Nantinya fitur ini akan ditingkatkan dan dapat digunakan oleh seluruh pengguna Android.

Baca juga: Pengguna Microsoft Dan Google Chrome Diserang Malware Canggih

Peningkatan Kemampuan Chatbot AI Gemini

Chat AI Gemini_1a

Chat AI Gemini. (Sumber: ZDNET)

Sebelum mengintegrasikan Gemini ke dalam aplikasi Gmail Android, Google merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI.

Fitur ini diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini mengingat detail spesifik tentang pengguna untuk memberikan percakapan yang lebih intuitif di masa mendatang. Atur ingat di sini sebagai respons terhadap fitur ChatGPT akan meluncurkan fitur serupa pada Februari 2024. Fitur Gemini AI ini akan diluncurkan dalam beberapa hari mendatang.

Mengutip Gadgets360, konsultan Dylan Roussel memposting tentang fitur tersebut di X/Twitter dan mengklaim bahwa Google sedang mempertimbangkan untuk menamai fitur tersebut “Memori”. Dylan juga membagikan tangkapan layar yang menampilkan fitur tersebut di aplikasi Gemini.

Rumor tentang fitur ini pertama kali muncul tahun lalu, ketika laporan dari 9to5Google mengindikasikan bahwa raksasa teknologi tersebut berupaya menambahkan memori kontekstual jangka panjang ke chatbotsnya. Fitur Memori dikatakan sebagai bagian dari beberapa fitur AI baru yang akan diperkenalkan ke Gemini dalam beberapa minggu mendatang.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – OpenAI baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menunda peluncuran fitur “Voice Mode” di ChatGPT hingga bulan depan, sekitar Juli 2024. Sebelumnya, OpenAI...

Apps & Games

Last updated on 28 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Meta AI kini telah resmi meluncur di India. Asisten AI, yang sudah populer di lebih...

Tech Industry

Unbox.id – TikTok secara tidak sengaja mengunggah tautan ke versi internal alat avatar digital AI barunya selama jangka waktu yang tidak diketahui. Hal ini...

Software

Last updated on 21 Juni, 2024 Unbox.id – Google baru saja mengumumkan akan meluncurkan fitur anti maling untuk ponsel Android. Fitur tersebut diketahui menggunakan...