Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Instagram Notes Makin Interaktif

Instagram Notes_1a
Instagram Notes. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Aplikasi media sosial Meta, Instagram, baru-baru ini meningkatkan fitur-fiturnya untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur yang ditingkatkan adalah Notes. Sekadar informasi, Instagram meluncurkan Notes pada Desember 2022 sebagai cara baru untuk berbagi status. Kini Instagram menambahkan fitur bernama Reminders untuk melengkapi fitur Notes. Mengutip Engadget, fitur ini memungkinkan pengguna berbagi pertanyaan dengan pengguna lain tanpa harus mengirimkan pesan. Cara kerja fitur baru ini adalah menampilkan pertanyaan atau pernyataan apa pun yang dapat diisi pengguna. Pertanyaan tersebut akan muncul dalam bentuk gelembung di atas gambar profil pengguna atau di kotak masuk pesan langsung (DM) aplikasi Instagram. Pengguna yang ingin memberikan jawaban dapat mengetuk gelembung pertanyaan. Sekadar informasi, fitur Instagram Notes akan aktif selama 24 jam dan pengguna akan dapat mengontrol siapa yang melihat pertanyaan tersebut. Misalnya, pengguna dapat berbagi pengingat dengan pengguna yang saling mengikuti di akun Instagram mereka atau berbagi pengingat dengan daftar teman dekat mereka.

Instagram Buka Akses Uji Coba Fitur Baru untuk Semua Pengguna

Instagram Application_2b

Instagram Application. (Sumber: Tech Universeas)

Sebelumnya, Instagram disebut-sebut berencana menawarkan akses lebih luas ke fitur uji coba. Jika sebelumnya uji coba hanya ditawarkan kepada sejumlah kecil penguji (beta tester), aplikasi Meta akan memperluasnya.

Menurut laporan, Instagram kini bermaksud membagikan akses uji coba ke fitur eksperimental untuk pengguna yang berminat. Dengan demikian, pengguna dapat merasakan fitur-fitur yang dikembangkan platform tersebut.

Mengutip laporan Gadgets360, informasi tersebut diketahui dari laporan salah satu akun Threads. Akun tersebut membagikan tangkapan layar menu Pengaturan aplikasi Instagram yang menunjukkan opsi bagi pengguna untuk mengakses fitur yang sedang diuji.

Untuk mengakses fitur tersebut, pengguna cukup Membuka Pengaturan dan Aktivitas. Lalu klik opsi “Akses awal ke fitur”.

Dengan opsi baru ini, Instagram akhirnya mengizinkan pengguna mengakses dengan cepat ke fitur eksperimental mereka. Kehadiran opsi ini akan membantu bisnis menyesuaikan fitur-fitur baru Instagram agar sesuai dengan preferensi mayoritas pengguna.

Instagram sendiri bukanlah platform pertama yang melakukan hal ini. Google sebenarnya sudah menawarkan akses serupa melalui Google Search Labs dan YouTube Experiments.

Baca juga: Meta Dan Microsoft Kolaborasi, Hasilkan Apa?

Meta Uji Coba Integrasi Instagram-Threads

Threads Application_2b

Threads Application. (Sumber: Tech Updated)

Di sisi lain, Meta dikatakan sedang menguji cara baru untuk meningkatkan keterlibatan di aplikasi Threads menggunakan Instagram. Perusahaan disebutkan sedang menguji fitur posting foto dari Instagram langsung ke Threads.

Mengutip laporan Engadget, informasi tersebut dikonfirmasi Meta setelah beberapa pengguna Threads melihat fitur tersebut muncul di Instagram. Menurut Meta, fitur cross-posting dari Instagram ke Threads bersifat opsional.

Disebutkan bahwa pengguna juga memiliki opsi untuk secara otomatis membagikan semua foto baru yang diunggah ke akun Threads mereka. Pengaturan cross-posting dapat disesuaikan melalui aplikasi Instagram.

Harap diperhatikan bahwa Meta telah menguji sejumlah fitur untuk mendorong pertumbuhan Tema. Faktanya, layanan Meta memiliki 150 juta pengguna. Sebelumnya, perusahaan juga mencoba melakukan cross-posting dari Facebook ke Threads. Pengguna juga dapat mempromosikan unggahan Topik langsung di feed Facebook dan Instagram.

Sementara itu, Instagram mengumumkan akan menghapus fitur kedua akun tersebut, Flipside, pada 24 Mei 2024. Kini, fitur Flipside Instagram sudah benar-benar hilang dari Instagram. Bagi para penggunanya, saat membuka aplikasi Instagram, ada adalah pemberitahuan bahwa Flipside tidak lagi ada di Instagram.

Namun, video yang diunggah ke profil Flipside akan disimpan ke Arsip atau diarsipkan. Instagram menyatakan bahwa hanya pemilik akun yang dapat melihat semua unggahan di arsip, kecuali pemilik akun ingin membagikannya.

Berdasarkan pantauan, ikon gembok (Flipside icon) yang semula terletak di kanan bawah profil Instagram telah menghilang. Flipside telah resmi dihapus dari Instagram.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Last updated on 18 Juni, 2024 Unbox.id – Instagram dikenal karena menguji metode “Istirahat Iklan” baru. Metode ini tidak memungkinkan pengguna melewatkan iklan begitu...

Tech Industry

Unbox.id – Spanyol memblokir Meta untuk meluncurkan fitur-fitur yang berfokus pada pemilu di Facebook dan Instagram. Otoritas perlindungan data Agencia Española de Protección de...

Artikel

Last updated on 8 Juni, 2024 Unbox.id – Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia saat ini. Pada tahun 2021,...

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini, Meta mengungkapkan pihaknya menemukan konten buatan AI kerap digunakan untuk mengelabui pengguna di Facebook dan Instagram. Menurut Meta, salah satu...