Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Ketahui Kelebihan Dari Penggunaan HDD di Komputer

HDD - 1
HDD merupakan salah satu perangkat yang penting dan juga berguna untuk menunjang penggunaan komputer penggunanya. (Sumber: Carousell)

Last updated on 16 Desember, 2022

Unbox.id – Di dalam sebuah perangkat komputer, berbagai macam komponen telah hadir untuk bisa menunjang penggunaannya tersebut. Pada bagian komputernya ini, perangkat komputer yang menjadi satu di dalamnya ini bisa menjadi pilihan tersendiri yang mampu menunjang aktivitas penggunaan bagi para penggunanya. Sejalan akan hal itu, salah satu komponen yang bisa diketahui dan juga memiliki fungsi penting di dalam sistemnya tersebut adalah sebuah perangkat HDD. Perangkat ini bisa dikatakan cukup penting di mana mampu hadirkan fungsi yang krusial untuk bagian komputernya tersebut. Lantas, apa saja kelebihan yang bisa didapati di dalam perangkat HDD ini bagi perangkat komputernya? Berikut informasi selengkapnya.

Apa Itu Perangkat HDD

HDD - 2

Hard Disk Drive atau HDD memiliki fungsi yang penting untuk perangkat komputer dalam penggunaannya. (Sumber: Computory)

Bagi sebagian kalangan para penggunanya, mendengar nama komponen yang satu ini pastinya sudah cukup tidak asing bukan? Namun mungkin bagi sebagian para pengguna komputer lainnya, mengetahui komponen ini mungkin dirasa kurang mengetahui lebih lanjut terhadap komponen yang satu ini. Ya, ini adalah sebuah komponen bernama HDD.

HDD atau yang dikenal juga dengan nama Hard Disk Drive merupakan sebuah alat yang digunakan pada perangkat alat komputer, laptop, ataupun notebook yang digunakan untuk menyimpan beragam data pada perangkatnya tersebut. Tanpa adanya sebuah HDD, sudah dipastikan bahwa para penggunanya tidak dapat menyimpan beragam data maupun aplikasi secara langsung.

Tentunya dalam hal ini, perangkat Hard Disk Drive secara umum sangat berguna untuk berbagai hal yang ada pada perangkat komputernya tersebut. Sebut saja seperti menginstall sistem operasi, program, perangkat penyimpanan tambahan, ataupun menyimpan beragam dokumen yang diperlukan oleh para penggunanya di dalam perangkat komputernya tersebut.

Baca juga: Perhatikan Tips Membersihkan Keyboard Komputer Dengan Tepat

Kelebihan-Kelebihan Perangkat HDD

Menjadi sebuah komponen yang cukup penting untuk bisa menunjang aktivitas penggunanya dalam pemakaian perangkat komponen komputernya, perangkat Hard Disk Drive ini juga memiliki beberapa kelebihan yang bisa diketahui lebih lanjut bagi para penggunanya. Kelebihan yang dihadirkan dari perangkat ini memang terasa cukup menarik dibandingkan dengan medaia perangkat penyimpanan lainnya yang disematkan dalam perangkat kompuernya tersebut.

Lantas, apa sajakah kelebihan dari perangkat untuk media penyimpanan komputer ini? Setidaknya ada beberapa kelebihan yang ada di dalam perangkatnya ini yang bisa diketahui lebih lanjut oleh para penggunanya di dalam pemakaiannya sehari-hari.

Kapasitas Penyimpanan

Sebuah perangkat Hard Disk Drive mempunyai kelebihan dari sisi kapasitas penyimpanannya. Kapasitas dari sebuah HDD bisa dikatakan cukup besar dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya yang dihadirkan sebagai pilihannya. Rata-rata untuk sebuah Hard Disk Drive pada saat ini adalah berukuran 500GB hingga berkapasitas 6TB yang bisa ditemui oleh para penggunanya.

Biaya Dari HDD

Perlu diketahui bahwa harga dari sebuah Hard Disk Drive di pasarannya bisa dikatakan cukup terjangkau bagi para penggunanya. Dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya, perangkat ini lebih murah dikarenakann harga produksi dari perangkat ini lebih murah dibandingkan dengan perangkat sejenis lainnya layaknya SSD ataupun yang lainnya. Sehingga dalam hal ini, cocok untuk budget yang tidak terlalu besar namun ingin spesifikasi penyimpanan besar.

Baca juga: Tutorial Merekam Layar Komputer Pada MacOS

Punya Masa Pakai Panjang

Penggunaan dari perangkat HDD bisa dibilang cukup awet. Dalam hal ini, perangkat ini menjadi pilihan bagi penggunanya karena memiliki masa pakai yang lebih panjang dan juga lebih lama dibandingkan dengan media perangkat penyimpanan lainnya. Di dalam perangkat ini sendiri tidak ada sistem memori flash di dalamnya. Selain itu, data yang ditulis langsung pada perangkat ini juga ditulis langsung pada piringan disk sehingga tidak mudah aus pada komponen sistemnya.

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Setelah memperkenalkan laptop seri Copilot+ yang menjalankan Snapdragon, meski masih hanya tersedia di pasar Amerika, kemungkinan besar laptop ini akan dirilis ke...

Software

Last updated on 29 Juni, 2024 Unbox.id – Salah satu cara agar performa laptop atau PC kembali seperti baru adalah dengan melakukan factory data...

Artikel

Unbox.id – Menghemat daya laptop adalah keterampilan penting, terutama ketika Anda harus bekerja atau belajar dalam perjalanan tanpa akses mudah ke sumber listrik. Dengan...

Software

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – Laptop adalah salah satu perangkat yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, baik itu untuk bekerja, belajar,...