Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Mengenal Teknologi Pengisian Cepat Qi2

Pengisian Cepat Qi2_1a
Pengisian Cepat Qi2. (Sumber: Gadget Support)

Last updated on 24 Juni, 2024

Unbox.id – Saat ini, sebagian besar perangkat pengisi daya nirkabel mematuhi standar Qi, begitu pula bank daya. Wireless Power Consortium, yang mengelola protokol pengisian daya, kemudian mengumumkan versi generasi baru bernama Qi2 pada awal tahun 2023. Teknologi tersebut akan menjanjikan harmoni yang sempurna, dengan kemungkinan aksesori yang dikumpulkan akan mempersempit kesenjangan antara Android dan iPhone. Mengutip The Verge, Qi2 didasarkan pada teknologi MagSafe milik Apple, di mana raksasa teknologi itu terlibat dalam pengembangan standar Qi2 dengan proses pengisian daya yang lebih cepat. Pengisian daya nirkabel non-magnetik, Extended Power Profile (EPP) yang ada juga telah diperbarui agar sesuai dengan Qi2. Artinya perangkat tanpa magnet akan memiliki label Qi dan tetap berfungsi dengan pengisi daya Qi2. Pengisian daya nirkabel Qi2 juga sepenuhnya kompatibel, sehingga Anda dapat mengisi daya ponsel Android Qi atau iPhone MagSafe dengan pengisi daya Qi2. Anda juga dapat menggunakan pengisi daya Qi apa pun untuk mengisi daya perangkat Qi2, meskipun pengisian dayanya lebih lambat. Untuk membantu teknologi pengisian daya ini menjangkau lebih banyak pengguna dengan lebih cepat, beberapa produsen perangkat keras mulai menawarkan bank daya berbasis Qi2.

baca artikel menarik lainnya tentang : apakah wireless charging aman

Pengisian Nirkabel 15W

Pengisian Cepat Qi2_3c

Pengisian Cepat Qi2. (Sumber: The Gadget Choice)

Salah satu perusahaan pengisi daya yang menawarkan bank daya Qi2 adalah Anker dengan bank daya seri MagGo-nya.

Beberapa fitur utama diintegrasikan ke dalam bank daya Anker MagGo. Di antaranya pengisian nirkabel lebih cepat 15W dan kapasitas 10.000mAh yang mampu mengisi daya baterai iPhone 15 hingga 1,8 kali.
Kapasitas pengisian cepat pada power bank Anker MagGo diklaim memberikan ketenangan pikiran.

Sebagai perbandingan, pengisian daya iPhone 15 dengan Anker MagGo membutuhkan waktu 44 menit untuk mencapai daya 50%. Anker MagGo juga dilengkapi dengan kabel input dan output USB-C yang berguna untuk mengisi daya perangkat dan juga untuk mengisi daya Anker MagGo itu sendiri.

Untuk mengisi daya dengan kabel, Anker MagGo menawarkan dukungan pengisian daya yang mendukung pengisian cepat otomatis dua arah, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Anker MagGo juga didukung daya input 20W untuk pengisian daya, serta pengisian daya masuk atau keluar hingga 27W.

Anda memerlukan waktu sekitar 44 menit untuk mengisi daya. secara nirkabel hingga 50% untuk iPhone 15, lalu hanya perlu waktu 30 menit untuk mengisi daya hingga 60% di iPhone 15 dengan kabel.

Selain itu, pengisian daya di Anker MagGo memungkinkan Anda mengisi daya lebih banyak secara bersamaan dengan Anker PIQ3.0 dan PD Teknologi pengisian daya 3.0.

Baca juga: Cek Deretan Fitur Baru Aplikasi Messages Di IOS 18

Pengisian Daya Cepat

Pengisian Cepat Qi2_2b

Pengisian Cepat Qi2. (Sumber: Tech Universe)

Teknologi pengisian daya cepat (fast charging) telah menjadi sangat penting seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan kendaraan listrik.

Teknologi ini memungkinkan baterai untuk diisi dalam waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan metode pengisian daya konvensional. Berikut adalah beberapa teknologi pengisian daya cepat yang paling populer dan canggih saat ini:

  • Qualcomm Quick Charge: Qualcomm Quick Charge adalah salah satu teknologi pengisian daya cepat yang paling banyak digunakan pada perangkat Android. Versi terbaru, Quick Charge 5, mendukung pengisian daya hingga 100W dan dapat mengisi baterai dari 0 hingga 50% hanya dalam 5 menit untuk beberapa perangkat.
  • USB Power Delivery (USB-PD): USB Power Delivery adalah standar pengisian daya yang mendukung daya hingga 100W. Ini adalah teknologi pengisian cepat yang digunakan pada berbagai perangkat, termasuk smartphone, laptop, dan perangkat lainnya. USB-PD memungkinkan fleksibilitas dengan mengatur daya yang dikirim ke perangkat sesuai kebutuhan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Last updated on 18 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id – Beberapa waktu lalu, sempat beredar rumor mengenai fitur baru Infinix Fast Charging 260W. Kini, perusahaan...