Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Rekomendasi Smartphone Berstandar Militer Yang Tangguh

OPPO A60_1a
OPPO A60. (Sumber: The Smartphone Tech)

Unbox.id – Bagi Anda yang rutin beraktivitas di luar ruangan, mungkin akan kesulitan menemukan ponsel yang tahan lama. Namun kini sudah ada ponsel outdoor yang memenuhi standar MIL-STD-810H. Meski pilihan ponsel jenis ini masih terbilang terbatas, setidaknya bisa menjadi solusi bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

Apa Itu Ponsel Standar Militer?

Lalu apa itu ponsel standar militer MIL-STD-810H? Mengutip berbagai sumber, dapat dipahami bahwa ponsel ini telah lolos uji dan dinyatakan memenuhi standar MIL-STD-810H. MIL-STD-810H sendiri merupakan standar militer yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Standar ini tidak hanya untuk keperluan militer tetapi juga digunakan dalam industri komersial khususnya produk elektronik. Perangkat yang memenuhi standar MIL STD-810H dikatakan sangat tahan lama dalam berbagai kondisi lingkungan.

Menariknya, ponsel tahan lama yang memenuhi standar terbaru MIL STD-810H ini didesain dengan bentuk yang modern dan tak lekang oleh waktu. Lantas apa saja model ponsel standar militer yang saat ini beredar di pasaran? Unbox.id memberikan informasinya.

OPPO A60

OPPO A60_2b

OPPO A60. (Sumber: Techno Radar)

OPPO A60 bisa menjadi pilihan utama Anda saat mencari ponsel yang memenuhi standar militer. Pasalnya ponsel terbaru dari OPPO ini telah mendapatkan sertifikasi MIL-STD-810H untuk ketahanan guncangan yang sangat tinggi. Faktanya, OPPO mengadakan “Crushing Challenge” yang lolos lebih dari 2293 tes pemecahan kacang dan perangkat masih berfungsi normal saat digunakan.

Terdapat juga rating IP54 dan fitur Splash Touch yang memastikan OPPO A60 tetap aman dan pengalaman browsing tetap lancar meski perangkat basah.

Layarnya sendiri berukuran 6,67 inci, resolusi HD+ (1604 x 720), kecepatan refresh 90 Hz dengan kecepatan pengambilan sampel sentuh 180 Hz (standar) dan 240 Hz (maksimum).

Untuk foto perangkat, memiliki lensa utama 50 MP dan lensa sekunder 2 MP serta kamera depan 8 MP. Foto bisa disimpan di penyimpanan berjenis UFS2.2 berkapasitas 128 GB atau 256 GB. Sedangkan performanya menggunakan prosesor Snapdragon 680 yang didukung RAM 8 GB. OPPO A60 berjalan pada ColorOS 14 berbasis Android 14 dengan baterai 5.000 mAh dan dukungan SuperVOOC 45W.

Harga OPPO A60 adalah Rp 2.599.000 untuk varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB serta Rp 2.999.000 untuk varian GB varian 8 GB. Varian RAM dan ROM 256 GB.

Baca juga: Harga Smartphone Flagship Android 2025 Bakal Lebih Mahal

Sharp Aquos Sense8

Sharp Aquos Sense8_3c

Sharp Aquos Sense8. (Sumber: Gadget Insider)

Sharp Aquos Sense8 dibalut dengan bodi alumunium premium, menjadikan ponsel ini sebagai ponsel tahan debu, air, dan guncangan yang memenuhi standar MIL-STD-810H (tahan guncangan dan benturan saat terjatuh sesuai standar MIL-STD-810H).

Sesuai dengan MIL-STD-810G) Ponsel ini juga mampu menahan tekanan atau benda yang beratnya mencapai 6 kg. Meski dijatuhkan dari ketinggian maksimal 1,22 meter, Aquos sense8 tetap beroperasi normal. Selain itu, sertifikasi IP6X berarti Aquos sense8 dapat digunakan di air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Performa Sharp Aquos sense8 dibekali prosesor Snapdragon 6 Gen 1 dengan RAM berkapasitas tinggi 8 GB dan memori internal 256 GB. Pada sektor visual menggunakan layar IGZO OLED berukuran 6,1 inci yang mendukung refresh rate 90 Hz. Layar ini dilengkapi dengan fitur Relax View yang memudahkan melihat layar dalam kondisi minim cahaya.

Kamera utama Sharp Aquos Sense8 menggunakan modul kamera ganda yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan kamera utama 50 MP sangat lebar.

Sementara untuk melayani kebutuhan selfie, perangkat ini dibekali kamera depan 8 MP. Daya tahan baterainya cukup lama karena berkapasitas 5.000 mAh.

Tentunya beberapa model smartphonr tersebut cukup menarik bukan untuk diketahui para pecinta gadgetnya? Untuk berita-berita menarik lainnya jangan lupa untuk terus baca beritanya di Unbox.id.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Artikel

Unbox.id – Kebutuhan baterai berkapasitas besar pada smartphone semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan fitur-fitur ponsel yang memerlukan konsumsi daya yang semakin besar....

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Ada beberapa merek ponsel yang sangat populer, termasuk Vivo. Alasannya karena ponsel Vivo sendiri dibandrol dengan harga 2 jutaan bahkan 3 jutaan...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Mencari ponsel di bawah Rp 1 jutaan kini semakin mudah dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. Saat ini banyak sekali brand...